Selasa, 20 Desember 2016

Buku Citra Niaga Samarinda Tempo Doeloe Dinamika Pusat Perbelanjaan Lokal 1985–1998

Citra Niaga Samarinda tempo dulu merupakan karya monumental di ibu kota Kalimantan Timur. Pusat perbelanjaan, hiburan, dan rekreasi itu menjadi teladan dalam mengatasi kekumuhan kota dan pengelolaan pedagang kaki lima secara elegan. Prinsipnya patut dicontoh, membangun tanpa menggusur.
Gagasan Gubernur Kalimantan Timur, H. Soewandi, membangun Citra Niaga menggantikan Taman Hiburan Gelora berbuah prestasi. Walikota Samarinda periode 1985–1995, H.A. Waris Husein pun turut populer berkat penghargaan internasional atas kesuksesan Citra Niaga.
Citra Niaga adalah simbol historis tentang sejarah kawasan dari kekumuhan dan keruwetan menjadi keteraturan, keindahan, kehidupan ekonomi, hingga menuju menuju kriminalitas serta keterpurukan.
Sejarah bukan hanya untuk dikenang. Historiografi tak sekadar nostalgia. Kejayaan dan keterpurukan adalah keniscayaan. Catatan masa silam memberikan pelajaran berharga bagi generasi kini dan mendatang.
Buku setebal total 188 halaman ini ditulis oleh sejarawan akademik lulusan Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB Unair) Surabaya, Khairil Ramadani. Penulis menerapkan metodologi historiografi versi modern yang tidak sekadar bercorak deskripsi-naratif, namun deskripsi-analitis.
Sebenarnya, buku ini berasal dari naskah skripsi yang telah dipresentasikan di hadapan para akademisi jurusan Ilmu Sejarah FIB Unair. Karenanya, buku ini bermutu tinggi, bukan tulisan sejarah konvensional sebagaimana yang dihasilkan oleh penulis sastra yang tidak menggunakan metodologi sejarah.
Sebanyak 32 foto lawas yang dimuat, dengan 75 persennya dicetak berwarna, plus sentuhan artistik ala Agus Ferdinand, pakar desain grafis substansial, pada sampul buku, menambah kekhasan buku yang diterbitkan oleh penerbit lokal RV Pustaka Horizon bekerja sama dengan Komunitas Samarinda Bahari.
Warga Samarinda khususnya dan Kaltim secara umum patut memiliki buku orisinal karya peneliti lokal ini.

Judul lengkap: Citra Niaga Samarinda Tempo Doeloe
Dinamika Pusat Perbelanjaan Lokal 1985–1998
Penulis: Khairil Ramadhani
Editor: Muhammad Sarip
Desain sampul: Agus Ferdinand
Layouter: Ran Hilman
Isi: xviii + 170 halaman (total 188 halaman)
Sampul: art paper laminasi doff
Ukuran: 14 X 20 cm
Penerbit: RV Pustaka Horizon bekerja sama dengan Komunitas Samarinda Bahari
Cetakan pertama: Desember 2016
ISBN: 978-602-60453-2-4
Harga: Rp60.000,-
DI MANA BUKU BISA DIPEROLEH?

Buku tersedia di SamarindaMart.id.

Penulis: Arief Rahman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar