Sabtu, 10 Juni 2023

Talkshow Sejarah Samarinda di Big Mall Samarinda

Talitha Aufa Nabilah dan Muhammad Sarip dalam
Talkshow Sejarah Samarinda di Big Mall (10/6/2023)
Samarinda, SejarahKaltim.com

Sebuah talkshow kesejarahan diadakan di Big Mall Samarinda, Sabtu sore (10/6/2023). Temanya “Citra Kota Samarinda dalam Arsip”, sesuai judul buku yang diterbitkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearasipan (DPK) tingkat Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Samarinda.

Sejarawan Muhammad Sarip tampil sebagai pembicara tunggal. Sementara moderatornya adalah Talitha Aufa Nabilah, Putri Indonesia Inteligensia Kaltim 2023. Peserta yang diundang untuk kegiatan ini adalah para lurah se-Samarinda dan pelajar SMA/SMK di Samarinda. Masyarakat umum juga hadir.

 

Talkshow ini dirangkai dengan Pameran Kearsipan dalam momen Peringatan Hari Kearsipan Nasional. Sejumlah foto tempo dulu ditampikan di atrium pusat perbelanjaan di tepi Sungai Mahakam ini.

 

Talkshow berlangsung secara interaktif. Selain pelajar dan guru, beberapa pejabat DPK antusias menjawab pertanyaan kuis yang dilontarkan Sarip. Bahkan Kepala DPK Kaltim, Drs. HM Syafranuddin turut menjawab sebuah soal dengan benar.

 


Sarip yang pernah menjadi narasumber sejarah Kaltim untuk Tim Komunikasi Presiden dan Otorita Ibu Kota Nusantara beberapa bulan lalu, menjelaskan pentingnya arsip sebagai sumber sejarah primer.

 

“Dari sebuah foto klasik saja dapat ditelusuri banyak interpretasi sejarah di dalamnya. Namun, perlu diawali dengan verifikasi sumber tersebut, apakah autentik atau palsu,” ujar Sarip.

 

Pada talkshow ini Sarip juga meluncurkan buku terbarunya yang berjudul Sejarah Perang di Samarinda: Sejarah Perjuangan Indonesia Merdeka 1945–1949. Buku ini diberi Kata Pengantar oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Dr. Myrna A Safitri.  (AR)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar