Selasa, 12 Mei 2020

Bentuk Pengurus Baru, MSI Kaltim Adakan Webinar Sejarah Lokal Terkait Harkitnas


Samarinda, SejarahKaltim.com
Setelah dua dekade vakum, Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Kalimantan Timur kembali aktif. Kegiatan perdana adalah pelaksanaan seminar secara daring atau webinar bertema “Kalimantan Timur dalam Sejarah Kebangkitan Nasional” pada Kamis, 21 Mei 2020 pukul 10.00–12.00 Wita.


Webinar akan menampilkan dua narasumber, yakni Sainal Abidin dan Muhammad Sarip. Sainal merupakan dosen Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Adapun Sarip adalah penulis buku sejarah lokal Samarinda dan Kutai. Bertindak sebagai moderator adalah Nurwati, dosen Sejarah Kebudayaan Islam Fakultas Adab IAIN Samarinda.

Wakil Ketua 2 MSI Kaltim, Umi Sukardi, mengungkapkan, semula seminar perdana direncanakan secara normal dalam satu ruang yang dihadiri publik sebagai sarana sosialisasi kepengurusan baru MSI Kaltim. Namun, karena darurat pandemi Covid-19, maka seminar dilakukan secara daring.

Kepengurusan MSI Kaltim periode 2020–2025 terbentuk pada Februari 2020. Muslimin A.R. Effendy terpilih sebagai ketua menggantikan Mohammad Asli Amin. Saat ini, Muslimin juga menjabat sebagai Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kaltim.

Kemudian, wakil ketua MSI Kaltim ada dua orang, yakni Fajar Alam dan Sumiati. Fajar Alam dikenal sebagai Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Kaltim dan Ketua Lembaga Studi Sejarah Lokal Komunitas Samarinda Bahari (Lasaloka-KSB). Sementara Sumiati merupakan ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMK se-Samarinda.
Pengurus MSI Kaltim 2020-2025 dari kiri: Muslimin A.R. Effendy (ketua), Etty Wahyunani (bendahara), Umi Sukardi (wakil ketua 2).

Kepengurusan MSI Kaltim dikukuhkan dengan Surat Keputusan MSI Pusat yang diketuai Hilmar Farid, yang juga menjabat Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Wakil Ketua 1 MSI Kaltim, Fajar Alam mengungkapkan, pengurus MSI Kaltim berjumlah 27 orang yang berasal dari kalangan dosen, guru, dan peminat sejarah. Sementara itu, anggota grup Whats App MSI Kaltim berjumlah lebih dari 80 orang. Tidak semua anggota grup WA adalah pengurus MSI Kaltim.

Webinar sejarah ini terbuka untuk mahasiswa, guru, dosen, dan umum. Panitia menyediakan sertifikat bagi peserta. Webinar menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan ID: 980-059-5952. Password: Sangkulirang123.

Pendaftaran peserta secara daring pada tautan bit.ly/3bw6pfh.

Panitia bisa dihubungi pada nomor Whats App 0821-5419-5064 atau 0813-4701-0416.
(SjKt)

Artikel Populer:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar