Sabtu, 26 November 2022

Mulawarman di Timur Kalimantan: Merdeka dan Gembira Belajar Sejarah

Samarinda, SejarahKaltim.com


Acara bertajuk “Mulawarman di Timur Kalimantan: Merdeka dan Gembira Belajar Sejarah” dilaksanakan di Kampus Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT), Sabtu (26/11/2023).

Sejarawan Muhammad Sarip menjelaskan sejarah Kaltim zaman awal ditemukannya prasasti yupa. Peserta mahasiswa yang hadir bukan dari warga Kalimantan Timur, karena dikhususkan untuk program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 program MBKM Modul Nusantara.

Para mahasiswa dari Gen Z ini datang dari berbagai daerah Kepulauan Nusantara, mulai barat sampai timur Indonesia. Para pemuda kelahiran di atas tahun 2000 ini selama satu semester ganjil 2022 kuliah di kampus di UMKT. Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini diselenggarakan oleh Dirjen Dikti pada era Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Kelompok mahasiswa ini tertarik mempelajari sejarah Kerajaan Martapura dinasti Mulawarman. Karena itu, para mahasiswa bersepakat dengan fasilitator atau mentor mereka untuk mengundang Muhammad Sarip sebagai narsum.


Di awal sesi Sarip memperlihatkan gambar seorang tokoh dalam sinema Mahabharat produksi StarPlus India. Beberapa mahasiswa spontan menyebut, “Yudhistira”. Sarip lalu meminta mereka mengacungkan tangan bagi yang pernah menonton Mahabharata versi India. Ternyata sekitar sepertiga dari mahasiswa yang hadir.

“Yudisthira, putra sulung Pandu ini adalah sebuah clue untuk memahami sejarah Maharaja Mulawarman di timur Kalimantan,” ujar Sarip.  (AR) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar