Jumat, 13 Januari 2017

Buku Samarinda Tempo Doeloe Sejarah Lokal 1200–1999

Sejarah itu bukan sekadar kisah masa lalu. Sejarah juga bukan hanya sarana seremonial tanpa makna. Mempelajari sejarah bukan sekadar menghafalkan bacaan tentang apa, siapa, kapan, dan di mana. Pelajaran sejarah bukan pula sekadar cerita peperangan dan kepahlawanan, riwayat hidup orang-orang besar atau biografi penuh sanjungan dan puja-puji. Sejarah lebih dari itu.


Mengapa dan bagaimananya sejarah itu terjadi, itulah yang menjadi fokus dari historiografi modern. Kejayaan atau kehancuran suatu bangsa atau masyarakat ditentukan oleh kuat tidaknya pelestarian identitas dan jati diri mereka. Sementara itu, identitas dan jati diri suatu bangsa hanya dapat diketahui serta dipahami dengan mempelajari sejarah.
Penulisan sejarah (historiografi) bertujuan mengarahkan manusia masa kini dan generasi mendatang untuk berpikir dan bertindak yang tepat dalam penyelesaian suatu masalah, bercermin dari peristiwa yang terjadi pada generasi lampau.
Sudah menjadi keniscayaan, penulisan sejarah akan terus dinamis seiring riset mutakhir dan penemuan bukti serta sumber baru. Sudah pula menjadi tradisi ilmiah, tulisan sejarah yang menyelisihi metode histori akan tersingkap hakikatnya.
Sebagian deskripsi yang ditulis di buku ini memang bisa membawa pembaca bernostalgia ke masa lalu Samarinda. Namun, buku ini lebih diarahkan ke historiografi modern dengan model penulisan deskripsi-analitis. Hal ini sebagai permulaan solusi atas minimnya buku tentang sejarah lokal Samarinda yang menggunakan metode dan metodologi dalam penulisannya.
***
Judul lengkap: Samarinda Tempo Doeloe Sejarah Lokal 1200–1999
Penulis: Muhammad Sarip
Desain sampul: Agus Ferdinand
Layouter: Ran Hilman
Isi: x + 214 halaman (total 224 halaman)
Ukuran: 17 X 24 cm
Penerbit: RV Pustaka Horizon bekerja sama dengan Komunitas Samarinda Bahari
Cetakan pertama: Januari 2017
ISBN: 978-602-60453-4-8
Harga: Rp60.000,-
Buku tersedia di Kios Candra (kios koran, majalah, & buku), Jalan KH Agus Salim, sebelah toko komputer, seberang restoran.
Buku juga bisa dibeli secara online dengan menghubungi email: pustakahorizon@gmail.com atau Whats App 085347456753.

Penulis: Muhammad Sarip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar