Kamis, 18 Januari 2024

Launching Buku Historipedia Kalimantan Timur di Unmul


Samarinda, SejarahKaltim.com

Kalimantan Timur punya banyak narasi sejarah, tapi kurang terekspos ke publik. Pelajaran sejarah di sekolah juga minim atau bahkan bisa dibilang tanpa konten historiografi Kalimantan Timur. Padahal sebenarnya sejarah Kaltim tak kalah kompleks untuk diketahui ketimbang cerita sejarah di Pulau Jawa. Hal inilah yang melatarbelakangi penerbitan buku berjudul Historipedia Kalimantan Timur: Dari Kundungga, Samarinda, hingga Ibu Kota NusantaraBuku yang ditulis oleh Muhammad Sarip dan Nanda Puspita Sheilla ini akan diluncurkan di Kampus Universitas Mulawarman, Samarinda pada Selasa, 23 Januari 2024.

Buku Historipedia Kalimantan Timur merupakan kumpulan informasi dan pengetahuan bidang sejarah dalam lokalitas Kalimantan Timur. Konten buku dibagi dalam empat kategori, yaitu peristiwa umum, histori Kota Samarinda, histori Ibu Kota Nusantara, dan profil tokoh. 

Sarip dan Nanda merupakan insider Samarinda sesama gen Y lintas angkatan yang sering tampil bersama dalam forum sejarah sejak 2023. Yang terbaru, keduanya dipercaya oleh Dinas Sosial Kaltim untuk menjadi narasumber dalam talk show membahas gelar Pahlawan Nasional yang diadakan di Lapangan Parkir GOR Kadrie Oening (9/1/2024) dalam rangka HUT ke-67 Provinsi Kalimantan Timur.

Kolaborasi Sarip dan Nanda dalam penulisan buku ini mengeksekusi karya literasi sejarah yang berupaya mengakomodasi segmen pembaca lintas generasi, lintas akademik. Dengan genre ensiklopedia, buku sejarah populer ini berfungsi sebagai referensi historis bagi publik.

GPMB

GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca) Kota Samarinda adalah komunitas penggerak literasi yang bermitra dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Samarinda. Sejak kepengurusan yang diketuai Dr. Rusmadi Wongso (Wakil Wali Kota Samarinda) disahkan pada 2021, GPMB Samarinda mentradisikan bedah buku sejarah sebagai event yang berupaya meningkatkan literasi membaca publik. GPMB Samarinda merupakan komunitas yang paling intensif mengadakan event diskusi buku secara luring dan formal, dengan serius tapi rileks di forum publik. Hal ini didukung terutama dengan keberadaan sejarawan Muhammad Sarip sebagai pembina GPMB Samarinda.

Tradisi GPMB Samarinda kembali dilanjutkan pada awal kalender 2024 bertepatan dengan momen peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Timur yang diperingati tiap 9 Januari dan HUT Pemerintah Kota yang diselebrasi tiap 21 Januari. GPMB Samarinda mengagendakan Launching dan Diskusi Buku Historipedia Kalimantan Timur. Dalam pelaksanaan acara ini, GPMB berkolaborasi dengan Program Studi Pendidikan Sejarah (PPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mulawarman Samarinda.

Dijadwalkan kehadiran Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Dr. Myrna A Safitri sebagai keynote speaker dalam forum ini. Deputi Myrna yang merupakan urang Samarinda sekaligus perwakilan Kalimantan Timur dalam struktur pimpinan tinggi madya OIKN akan mempresentasikan pembangunan IKN dari aspek lingkungan hidup dan siap berdiskusi dengan publik. Kehadiran Deputi Myrna juga sebagai penulis prolog atau pengantar pada buku Historipedia Kalimantan Timur. Sebelumnya, Deputi Myrna beberapa kali tampil sebagai narasumber dalam acara bertema sejarah lokal.

Sementara itu, Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si., IPU., ASEAN Eng. telah mengonfirmasi kesiapan hadir untuk membuka acara launching di Gedung Masjaya (Unmul Hub) Ruang Teater, Jalan Sambaliung, Kampus Gunung Kelua, Samarinda. Jalannya diskusi akan dipandu oleh Ketua Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unmul, Muhammad Azmi, M.Pd.  

Peserta kegiatan ini terbuka untuk publik dengan kuota pendaftaran 100 orang. Link pendaftaran (bit.ly/Historipedia) telah dibuka sejak awal Januari 2024 dan telah memenuhi kuota. Hanya peserta terdaftar dan menerima email konfirmasi dari panitia H-1 yang diizinkan panitia untuk masuk venue dan mendapat buku.  (AR)


Baca juga:

Talk Show HUT Ke-67 Kaltim Bahas Sejarah Kepahlawanan
Buku Histori Kutai Dibedah Sejarawan BRIN, Senator Kaltim dan Anak Muda Samarinda
Tim Komunikasi Presiden Adakan FGD Sejarah Kutai di Setneg
Otorita IKN Bahas Kearifan Lokal Kaltim di Jakarta
Mahasiswa dari Luar Kaltim Belajar Sejarah Kaltim dan IKN
Lokakarya Unmul Susun Buku Ajar ISBD untuk Semua Fakultas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar